Dalam menentukan sebuah hukum dalam Islam, setidaknya kita harus mengikuti fatwa atau hujjah dari Ulama Mu’tabar. Janganlah mengambil sebuah fatwa dari tokoh yang kontroversial, Adapun masalah yang akan kita bahas telah jelas keharaman dalam “memilih pemimpin orang kafir”. Setelah, yang lalu sudah kami Unggah dasar dari Al-Qur’an : Hukum Memilih Non Muslim Sebagai Pimpinan : Versi Al-Qura’an. Kemudian dilanjutkan dengan: Memilih Pimpinan Non Muslim? Bagaimana Menurut Hadist?. Kini mari kita bahas dari penjelasan Ulama :
ولا يستعان عليهم بكافر ) ذمي أو غيره إلا إن اضطررنا لذلك قول المتن: ولا يستعان إلخ) أي يحرم ذلك اه. سم, عبارة المغني والنهاية: (تنبيه) ظاهر كلامهم أن ذلك لا يجوز ولو دعت الضرورة إليه لكنه في التتمة صرح بجواز الاستعانة به أي الكافر عند الضرورة
Ibni Hajar al-Haitami berkata :“Orang Islam tidak boleh meminta bantuan kepada orang kafir dzimmi atau lainnya kecuali jika sudah sangat terpaksa. Menurut dhahir pendapat mereka, bahwa meminta bantuan orang kafir tersebut tidak diperbolehkan walaupun dalam keadaan dharurat. Namun dalam titimmah disebutkan tentang kebolehan meminta bantuan tersebut jika memang darurat.”[At-Tuhfah li-Ibni Hajar al-Haitami juz IX, hlm 72].
نعم ان قتضت المصلحة توليته في شىء لا يقوم به غيره من المسلمين او ظهر من المسلمين خيانة و امنت في ذمي فلا يبعد جواز توليته لضرورة القيام بمصلحة ما ولى فيه، و مع ذلك يجب على من ينصبه مراقبته و منعه من التعرض لاحد من المسلمين
Jika suatu kepentingan mengharuskan penyerahan sesuatu yang tidak bisa dilaksanakan oleh orang lain dari kalangan umat Islam atau tampak adanya pengkhianatan pada si pelaksana dari kalangan umat Islam dan aman berada di kafir dzimmi, maka boleh menyerahkannya karena dharurat. Namun demikian, bagi pihak yang menyerahkan, harus ada pengawasan terhadap orang kafir tersebut dan mampu mencegahnya dari adanya gangguan terhadap siapa pun dari kalangan umat Islam.[Al-Syarwani ‘alat-Tuhfah juz IX, hlm. 72-73].
ولا يستعان عليهم بكافر) لأنه يحرم تسليطه على المسلمين قوله: ولا يستعان) فيحرم إلا لضرورة
Dan orang Islam tidak boleh meminta bantuan kepada orang kafir, karena haram menguasakan orang kafir terhadap umat Islam kecuali karena dharurat.” [al-Mahalli ‘alal-Minhaj juz IV, hlm.172 - Lihat juga Ibid, hlm. 551-552].
أَجْمَعَ الْفُقَهَاءُ عَلَى اشْتِرَاطِ الإْسْلاَمِ لِصِحَّةِ تَوَلِّي جَمِيعِ الْوِلاَيَاتِ الْعَامَّةِ، وَذَلِكَ لِقَوْلِهِ تَعَالَى : ( { يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لاَ تَتَّخِذُوا الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِينَ } . (سورة النساء 144) حَيْثُ دَل عَلَى أَنَّ الْكَافِرَ لاَ يَسْتَحِقُّ الْوِلاَيَةَ عَلَى الْمُسْلِمِ بِوَجْهٍ . (أحكام القرآن للجصاص 2 291) وَلِقَوْلِهِ تَعَالَى : ( { يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُول وَأُولِي الأْمْرِ مِنْكُمْ } . (سورة النساء 59) قَال الشَّوْكَانِيُّ : أُولُو الأْمْرِ هُمُ الأَْئِمَّةُ وَالسَّلاَطِينُ وَالْقُضَاةُ وَكُل مَنْ كَانَتْ لَهُ وِلاَيَةٌ شَرْعِيَّةٌ . (فتح القدير للشوكاني 1 481) فَدَلَّتِ الآْيَةُ عَلَى أَنَّ مُسْتَحِقِّي الطَّاعَةِ أُولُو الأَْمْرِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ، فَأَمَّا مَنْ لَمْ يَكُنْ مِنْهُمْ، فَلاَ وِلاَيَةَ لَهُ عَلَيْهِمْ وَلاَ طَاعَةَ . (البحر الرائق 6 299 ، والأحكام السلطانية لأبي يعلى ص 20، ونهاية المحتاج 7 409 ، وتفسير القرطبي 1 270 ، وكشاف القناع 6 159)
((الموسوعة الفقهية_وِلاَيَة_الأْحْكَامُ الْمُتَعَلِّقَةُ بِالْوِلاَيَةِ_أَوَّلاً : الْوِلاَيَةُ الْعَامَّة_الشُّرُوطُ الْمُشْتَرَكَةُ بَيْنَ أَنْوَاعِ الْوِلاَيَةِ الْعَامَّة_أ ـ الإْسْلاَمُ))
ولا يستعان عليهم بكافر ) ذمي أو غيره إلا إن اضطررنا لذلك قول المتن: ولا يستعان إلخ) أي يحرم ذلك اه. سم, عبارة المغني والنهاية: (تنبيه) ظاهر كلامهم أن ذلك لا يجوز ولو دعت الضرورة إليه لكنه في التتمة صرح بجواز الاستعانة به أي الكافر عند الضرورة
Ibni Hajar al-Haitami berkata :“Orang Islam tidak boleh meminta bantuan kepada orang kafir dzimmi atau lainnya kecuali jika sudah sangat terpaksa. Menurut dhahir pendapat mereka, bahwa meminta bantuan orang kafir tersebut tidak diperbolehkan walaupun dalam keadaan dharurat. Namun dalam titimmah disebutkan tentang kebolehan meminta bantuan tersebut jika memang darurat.”[At-Tuhfah li-Ibni Hajar al-Haitami juz IX, hlm 72].
نعم ان قتضت المصلحة توليته في شىء لا يقوم به غيره من المسلمين او ظهر من المسلمين خيانة و امنت في ذمي فلا يبعد جواز توليته لضرورة القيام بمصلحة ما ولى فيه، و مع ذلك يجب على من ينصبه مراقبته و منعه من التعرض لاحد من المسلمين
Jika suatu kepentingan mengharuskan penyerahan sesuatu yang tidak bisa dilaksanakan oleh orang lain dari kalangan umat Islam atau tampak adanya pengkhianatan pada si pelaksana dari kalangan umat Islam dan aman berada di kafir dzimmi, maka boleh menyerahkannya karena dharurat. Namun demikian, bagi pihak yang menyerahkan, harus ada pengawasan terhadap orang kafir tersebut dan mampu mencegahnya dari adanya gangguan terhadap siapa pun dari kalangan umat Islam.[Al-Syarwani ‘alat-Tuhfah juz IX, hlm. 72-73].
ولا يستعان عليهم بكافر) لأنه يحرم تسليطه على المسلمين قوله: ولا يستعان) فيحرم إلا لضرورة
Dan orang Islam tidak boleh meminta bantuan kepada orang kafir, karena haram menguasakan orang kafir terhadap umat Islam kecuali karena dharurat.” [al-Mahalli ‘alal-Minhaj juz IV, hlm.172 - Lihat juga Ibid, hlm. 551-552].
أَجْمَعَ الْفُقَهَاءُ عَلَى اشْتِرَاطِ الإْسْلاَمِ لِصِحَّةِ تَوَلِّي جَمِيعِ الْوِلاَيَاتِ الْعَامَّةِ، وَذَلِكَ لِقَوْلِهِ تَعَالَى : ( { يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لاَ تَتَّخِذُوا الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِينَ } . (سورة النساء 144) حَيْثُ دَل عَلَى أَنَّ الْكَافِرَ لاَ يَسْتَحِقُّ الْوِلاَيَةَ عَلَى الْمُسْلِمِ بِوَجْهٍ . (أحكام القرآن للجصاص 2 291) وَلِقَوْلِهِ تَعَالَى : ( { يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُول وَأُولِي الأْمْرِ مِنْكُمْ } . (سورة النساء 59) قَال الشَّوْكَانِيُّ : أُولُو الأْمْرِ هُمُ الأَْئِمَّةُ وَالسَّلاَطِينُ وَالْقُضَاةُ وَكُل مَنْ كَانَتْ لَهُ وِلاَيَةٌ شَرْعِيَّةٌ . (فتح القدير للشوكاني 1 481) فَدَلَّتِ الآْيَةُ عَلَى أَنَّ مُسْتَحِقِّي الطَّاعَةِ أُولُو الأَْمْرِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ، فَأَمَّا مَنْ لَمْ يَكُنْ مِنْهُمْ، فَلاَ وِلاَيَةَ لَهُ عَلَيْهِمْ وَلاَ طَاعَةَ . (البحر الرائق 6 299 ، والأحكام السلطانية لأبي يعلى ص 20، ونهاية المحتاج 7 409 ، وتفسير القرطبي 1 270 ، وكشاف القناع 6 159)
((الموسوعة الفقهية_وِلاَيَة_الأْحْكَامُ الْمُتَعَلِّقَةُ بِالْوِلاَيَةِ_أَوَّلاً : الْوِلاَيَةُ الْعَامَّة_الشُّرُوطُ الْمُشْتَرَكَةُ بَيْنَ أَنْوَاعِ الْوِلاَيَةِ الْعَامَّة_أ ـ الإْسْلاَمُ))
Kami sangat ingin memanjakan anda dalam belajar, IQRO.NET sangat membutuhkan saran anda dalam mewujudkan hal itu, Salah satunya adalah kami ingin memberitahukan anda ketika kami update Artikel menggunakan RSS atau menggunakan email, silahkan.
Sengaja banyak catatan yang belum selesai, kami ingin tau seberapa perduli anda kepada ilmu, terutama masalah muamalah, biasanya akan terurai pada kolom komentar.
0 Response to "Bolehkah Memilih Pemimpin Non Muslim? Ulama Menjawab"
Post a Comment