Hukum Suami Menyusu Kepada Istri

Apakah boleh seorang suami menyusu keistrinya atau menetek kepada Istrinya? Apakah hal itu bila di lakukan tidak mengakibatkan kegagalan nikah karna telah menjadi mahram? Yang kemudian Istrinya berganti status sebagai Ibunya? Begitukah yang terjadi bila di lakukan?

Baiklah mari kita telusuri sumber hukumnya, yang mana Allah telah memberikan garis-garis yang jelas dalam Firmannya, tentu saja walaupun disini kami sebut dengan kata menjelaskan, tetapi kita harus tetap meninjau penjelasan Ulama dalam masalah Hukum, Karena sudah jelas Ulama lebih faqih daripada kita yang tidak jelas kapasitasnya. Adapun Firman itu sebagai berikut :

{ نساؤكم حرث لكم فأتوا حرثكم أنى شئتم } قال يقول يأتيها من حيث شاء مقبلة أو مدبرة إذا كان ذلك في الفرج

Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok-tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. (QS. 2:223). Disebutkan maksudnya gaulilah ia sesukamu baik dari depan atau belakang asalkan semuanya mengarah pada farjinya. [Al-Muhaddzab II/62]

الاستمتاع واجب على الرجل للمرأة إذا انتفى العذر، بما يحقق الإعفاف والصون عن الحرام، وتباح كل وجوه الاستمتاع إلا الإتيان في الدبر فهو حرام. ومكان الوطء باتفاق المذاهب: هو القبل، لا الدبر (1) ، لقوله تعالى: {نساؤكم حرث لكم، فأتوا حرثكم أنى شئتم} [البقرة:223/2] (2) أي على أية كيفية: قائمة، أو قاعدة، مقبلة، أو مدبرة، في أقبالهن (3) . قال ابن عباس: إنما قوله: {فأتوا حرثكم أنى شئتم} [البقرة:223/2]. قائمة، وقاعدة، ومقبلة، ومدبرة، في أقبالهن، لا تعدو ذلك إلى غيره. وله عبارة أخرى في الآية: إن شئت فمقبلة، وإن شئت فمدبرة، وإن شئت فباركة، وإنما يعني ذلك موضع الولد للحرث، يقول: ائت الحرث حيث شئت.

Menggauli hukumnya wajib bagi seorang suami pada istrinya bila tanpa adanya udzur untuk menjauhkan dan menjaga dari dari keharaman, dan diperbolehkan senggama dalam berbagai cara asalkan bukan pada lubang anusnya karena ini haram. Tempat yang digunakan ‘bercinta’ menurut kesepakan ulama adalah kelaminnya bukan duburnya, berdasarkan firman Allah ta’aalaa :

Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok-tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. (QS. 2:223). Artinya dengan berbagai macam cara dan gaya : Berdiri, duduk, dari depan, belakang asal dikelaminnya.

Berkata Ibn Abbas ra. “maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. (QS. 2:223). Artinya dengan berbagai macam cara dan gaya : Berdiri, duduk, dari depan, belakang asal dikelaminnya jangan melampaui batas pada yang selain kelamin.

Ibn Abbas juga punya pernyataan lain sehubungan ayat ini “Bila kamu ingin gaya dari depan silahkan, Bila kamu ingin gaya dari belakang silahkan, Bila kamu ingin gaya setengah menderumpun silahkan, aku mengartikannya khusus pada tempat lahirnya anak (kelamin), datangilah dengan gaya sesukamu”[Al-Fiqh al-Islaam IV/191].

Kemudian di saat bercumbu tiba-tiba Air susu istri sengaja ditelan apakah hal itu tidak menyebabkan menjadi Mahram? Mari kita lebih fokus dengan penjelasan Ulama, bagaimana Feqih menjelaskan hal ini. Dalam kitab Fathul Mu’in di sebutkan : Syarat-syarat menyusu yang menjadikan mahram ada 5, kami bahas salah satunya saja :

[1] Usia anak yang menyusu tidak lebih dari 2 tahun Hijriyah. Hal ini didasarkan ayat :

ﻭَﺍﻟْﻮَﺍﻟِﺪَﺍﺕُ ﻳُﺮْﺿِﻌْﻦَ ﺃَﻭْﻟَﺎﺩَﻫُﻦَّ ﺣَﻮْﻟَﻴْﻦِ ﻛَﺎﻣِﻠَﻴْﻦِ ﻟِﻤَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺃَﻥْ ﻳُﺘِﻢَّ ﺍﻟﺮَّﺿَﺎﻋَﺔَ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤَﻮْﻟُﻮﺩِ ﻟَﻪُ ﺭِﺯْﻗُﻬُﻦَّ ﻭَﻛِﺴْﻮَﺗُﻬُﻦَّ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ﻟَﺎ ﺗُﻜَﻠَّﻒُ ﻧَﻔْﺲٌ ﺇِﻟَّﺎ ﻭُﺳْﻌَﻬَﺎ ﻟَﺎ ﺗُﻀَﺎﺭَّ ﻭَﺍﻟِﺪَﺓٌ ﺑِﻮَﻟَﺪِﻫَﺎ ﻭَﻟَﺎ ﻣَﻮْﻟُﻮﺩٌ ﻟَﻪُ ﺑِﻮَﻟَﺪِﻩِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻮَﺍﺭِﺙِ ﻣِﺜْﻞُ ﺫَﻟِﻚَ ﻓَﺈِﻥْ ﺃَﺭَﺍﺩَﺍ ﻓِﺼَﺎﻟًﺎ ﻋَﻦْ ﺗَﺮَﺍﺽٍ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﻭَﺗَﺸَﺎﻭُﺭٍ ﻓَﻠَﺎ ﺟُﻨَﺎﺡَ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻤَﺎ ﻭَﺇِﻥْ ﺃَﺭَﺩْﺗُﻢْ ﺃَﻥْ ﺗَﺴْﺘَﺮْﺿِﻌُﻮﺍ ﺃَﻭْﻟَﺎﺩَﻛُﻢْ ﻓَﻠَﺎ ﺟُﻨَﺎﺡَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺇِﺫَﺍ ﺳَﻠَّﻤْﺘُﻢْ ﻣَﺎ ﺁَﺗَﻴْﺘُﻢْ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺍﻋْﻠَﻤُﻮﺍ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺑِﻤَﺎ ﺗَﻌْﻤَﻠُﻮﻥَ ﺑَﺼِﻴﺮٌ (233)

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut.

Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Baqarah-233) Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Daruqutni dari Sahabat Ibn Abbas Rasulullah SAW bersabda:

ﻻَ ﺭَﺿَﺎﻉَ ﺇِﻻَّ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻓِﻰ ﺍﻟْﺤَﻮْﻟَﻴْﻦِ

“Tidak ada hukum persusuan kecuali dalam usia kurang dari dua tahun” Air susu berasal dari perempuan yang sudah berumur 9 tahun Hijriyah.

Keluarnya susu pada waktu masih hidup. Susu yang diminum sampai keperut besar atau otak si anak. Masuknya air susu di waktu sianak dalam keadaan hidup dan tidak kurang dari lima kali susuan. Karenanya, bila seorang lelaki dewasa yang minum susu istrinya hal ini tidak berpengaruh terhadap hukum mahram, dalam arti istrinya tidak menjadi ibu susuan.

Namun bila suaminya adalah seorang bayi yang kurang dari 2 tahun (mungkin ini belum pernah terjadi, namun tetap sah secara syariat) dan memenuhi syarat di atas maka dia menjadi anak susuan, istrinya menjadi ibu rodho’ dan status pernikahannya batal.

Contoh : seorang anak bayi yang belum genap 2 tahun dinikahkan dengan janda yang baru melahirkan. Kemudian istri menyusui suami kecilnya sampai lima kali susuan maka status pernikahannya batal, status istri berubah menjadi ibu rodlo’, mantan suaminya menjadi ayah rodlo’, dan suami kecilnya menjadi anak rodlo’.[2]

أما إن كان كبيرا زائدا على الحولين ورضع فإن رضاعه لا يعتبر وذلك لقوله تعالى : { والوالدات يرضعن أولادهن حولين كاملين }

Orang yang sudah dewasa (diatas usia 2 tahun) saat menyusu tidak menjadikan nasab dengan yang menyususui.[Al-Fiqh ‘ala Madzaahi al-Arba’ah IV/126].



Rujukan :

[1] ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ ) –ﺝ / 3 ﺹ )329  ﺗﻨﺒﻴﻪ( ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﻭﺻﻮﻝ ﻟﺒﻦ ﺁﺩﻣﻴﺔ ﺑﻠﻐﺖ ﺳﻦ ﺣﻴﺾ، ﻭﻟﻮ ﻗﻄﺮﺓ، ﺃﻭ ﻣﺨﺘﻠﻄﺎ ﺑﻐﻴﺮﻩ – ﻭﺇﻥ ﻗﻞ – ﺟﻮﻑ ﺭﺿﻴﻊ ﻟﻢ ﻳﺒﻠﻎ ﺣﻮﻟﻴﻦ ﻳﻘﻴﻨﺎ ﺧﻤﺲ ﻣﺮﺍﺕ ﻳﻘﻴﻨﺎ ﻋﺮﻓﺎ، ﻓﺈﻥ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺮﺿﻴﻊ ﺇﻋﺮﺍﺿﺎ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺸﺘﻐﻞ ﺑﺸﺊ ﺁﺧﺮ ﺃﻭ ﻗﻄﻌﺘﻪ ﺍﻟﻤﺮﺿﻌﺔ ﺛﻢ ﻋﺎﺩ ﺇﻟﻴﻪ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﻓﻮﺭﺍ ﻓﺮﺿﻌﺘﺎﻥ، ﺃﻭ ﻗﻄﻌﻪ ﻟﻨﺤﻮ ﻟﻬﻮ ﻛﻨﻮﻡ ﺧﻔﻴﻒ ﻭﻋﺎﺩ ﺣﺎﻻ ﺃﻭ ﻃﺎﻝ ﻭﺍﻟﺜﺪﻱ ﺑﻔﻤﻪ ﺃﻭ ﺗﺤﻮﻝ ﻭﻟﻮ ﺑﺘﺤﻮﻳﻠﻬﺎ ﻣﻦ ﺛﺪﻱ ﻵﺧﺮ ﺃﻭ ﻗﻄﻌﺘﻪ ﻟﺸﻐﻞ ﺧﻔﻴﻒ ﺛﻢ ﻋﺎﺩﺕ ﺇﻟﻴﻪ ﻓﻼ ﺗﻌﺪﺩ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﺫﻟﻚ، ﻭﺗﺼﻴﺮ ﺍﻟﻤﺮﺿﻌﺔ ﺃﻣﻪ، ﻭﺫﻭ ﺍﻟﻠﺒﻦ ﺃﺑﺎﻩ. ﻭﺗﺴﺮﻱ ﺍﻟﺤﺮﻣﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺿﻴﻊ ﺇﻟﻰ ﺃﺻﻮﻟﻬﻤﺎ ﻭﻓﺮﻭﻋﻬﻤﺎ ﻭﺣﻮﺍﺷﻴﻬﻤﺎ ﻧﺴﺒﺎ ﻭﺭﺿﺎﻋﺎ، ﻭﺇﻟﻰ ﻓﺮﻭﻉ ﺍﻟﺮﺿﻴﻊ – ﻻ ﺇﻟﻰ ﺃﺻﻮﻟﻪ ﻭﺣﻮﺍﺷﻴﻪ – ﻭﻟﻮ ﺃﻗﺮ ﺭﺟﻞ ﻭﺍﻣﺮﺃﺓ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﺃﻥ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺃﺧﻮﺓ ﺭﺿﺎﻉ ﻭﺃﻣﻜﻦ ﺣﺮﻡ ﺗﻨﺎﻛﺤﻬﻤﺎ، ﻭﺇﻥ ﺭﺟﻌﺎ ﻋﻦ ﺍﻻﻗﺮﺍﺭ ﺃﻭ ﺑﻌﺪﻩ ﻓﻬﻮ ﺑﺎﻃﻞ، ﻓﻴﻔﺮﻕ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ. ﺭﻭﺍﺋﻊ ﺍﻟﺒﻴﺎﻥ /1/271 ﻣﺎ ﻫﻲ ﻣﺪﺓ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﺍﻟﻤﻮﺟﺐ ﻟﻠﺘﺤﺮﻳﻢ ﺫﻫﺐ ﺟﻤﻬﻮﺭ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻣﺎﻟﻚ ﻭﺍﻟﺸﺎﻋﻲ ﻭﺍﺣﻤﺪ ﺍﻟﻰ ﺍﻥ ﺍﻟﺮﺿﺎﻋﺔ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﻪ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﻭﻳﺠﺮﻱ ﺑﻪ ﻣﺠﺮﻯ ﺍﻟﻨﺴﺐ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻳﺤﺮﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﻣﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﺐ ﻫﻮ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺣﻮﻟﻴﻦ ﻭﺍﺳﺘﺪﻟﻮﺍ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ “ﻭﺍﻟﻮﺍﻟﺪﺍﺕ ﻳﺮﺿﻌﻦ ﺍﻭﻻﺩﻫﻦ ﺣﻮﻟﻴﻦ ﻛﺎﻣﻠﻴﻦ.

” ﻭﺑﻤﺎ
ﺭﻭﻱ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ “ﺍﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ﻻ ﺭﺿﺎﻉ ﺍﻻ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺣﻮﻟﻴﻦ .“
ﻭﺫﻫﺐ ﺍﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﺍﻟﻰ ﺍﻥ ﻣﺪﺓ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﺳﻨﺘﺎﻥ ﻭﻧﺼﻒ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ “ﻭﺣﻤﻠﻪ ﻭﻓﺼﺎﻟﻪ ﺛﻼﺛﻮﻥ ﺷﻬﺮﺍ.,” ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﻘﺮﻃﺒﻲ “ﻭﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻻﻭﻝ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺣﻮﻟﻴﻦ ﻛﺎﻣﻠﻴﻦ .“ ﻭﻫﺬﺍ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺍﻥ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﺍﻥ ﻻ ﺣﻜﻢ ﻟﻤﻦ ﺍﺭﺗﻀﻊ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺤﻮﻟﻴﻦ ﻭﻟﻘﻮﻟﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ

“ﻻ ﺭﺿﺎﻉ ﺍﻻ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺣﻮﻟﻴﻦ”


 ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﺨﺒﺮ ﻣﻊ ﺍﻻﻳﺔ ﻭﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﻳﻨﻔﻲ ﺭﺿﺎﻋﺔ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ ﻭﺍﻧﻪ ﻻ ﺣﺮﻣﺔ ﻟﻪ
ﻭﻗﺪ ﺭﻭﻱ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﻪ ﻭﺑﻪ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﻠﻴﺲ ﺑﻦ ﺳﻌﺪ ﺍﻧﻪ ﻳﺮﻯ ﺭﺿﺎﻉ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ ﻭﺭﻭﻱ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﺮﺟﻮﻉ ﻋﻨﻪ.]

[2] ﺭﻭﺿﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﻭﻋﻤﺪﺓ ﺍﻟﻤﻔﺘﻴﻦ - )
ﺝ / 3 ﺹ (275 ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ ﺗﺤﺘﻪ ﻛﺒﻴﺮﺓ ﻓﻄﻠﻘﻬﺎ ﻓﻨﻜﺤﺖ ﺻﻐﻴﺮﺍً ﻭﺃﺭﺿﻌﺘﻪ ﺑﻠﺒﻦ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ ﺣﺮﻣﺖ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ ﺃﺑﺪﺍً ﻛﻤﺎ ﺗﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﻷﻧﻬﺎ ﺯﻭﺟﺔ ﺃﺑﻴﻪ.ﻭﻟﻮ ﻧﻜﺤﺖ ﺻﻐﻴﺮﺍً ﻓﻔﺴﺨﺖ ﻧﻜﺎﺣﻪ ﺑﻐﻴﺒﺔ ﺛﻢ ﻧﻜﺤﺖ ﺁﺧﺮ ﻓﺄﺭﺿﻌﺖ ﺍﻷﻭﻝ ﺑﻠﺒﻦ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺍﻧﻔﺴﺦ ﻧﻜﺎﺣﻬﺎ ﻭﺣﺮﻣﺖ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺃﺑﺪﺍً ﻷﻥ ﺍﻷﻭﻝ ﺻﺎﺭ ﺍﺑﻨﺎً ﻟﻠﺜﺎﻧﻲ ﻓﻬﻲ ﺯﻭﺟﺔ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻭﺯﻭﺟﺔ ﺃﺑﻲ ﺍﻷﻭﻝ. ﻭﻟﻮ ﺯﻭﺝ ﻣﺴﺘﻮﻟﺪﺗﻪ ﺑﻌﺒﺪﻩ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﻓﺄﺭﺿﻌﺘﻪ ﺑﻠﺒﻦ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﺣﺮﻣﺖ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻭﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﻣﻌﺎً ﺃﺑﺪﺍً ﻭﺣﻜﻰ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺤﺪﺍﺩ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺰﻧﻲ ﻧﻘﻞ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺃﻧﻬﺎ ﻻ ﺗﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻭﺃﻥ ﺍﻟﻤﺰﻧﻲ ﺃﻧﻜﺮﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺟﺮﻯ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺤﺪﺍﺩ ﻭﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﻓﺠﻌﻠﻮﺍ ﻧﻘﻞ ﺍﻟﻤﺰﻧﻲ ﻏﻠﻄﺎً ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻮ ﻋﻠﻲ ﻟﻜﻦ ﻳﻤﻜﻦ ﺗﺨﺮﻳﺞ ﻣﺎ ﻧﻘﻞ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﺟﺒﺎﺭﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻝ ﻓﻲ ﺃﻥ ﺃﻡ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺗﺰﻭﻳﺠﻬﺎ ﺑﺤﺎﻝ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻪ ﺫﻛﺮ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻠﺴﻴﺪ ﺗﺰﻭﻳﺞ ﺃﻣﺘﻪ ﺑﻌﺒﺪﻩ ﺑﺤﺎﻝ ﻓﺈﻧﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻧﺼﺤﺢ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﻋﻠﻰ ﺃﺣﺪ ﻫﺬﻩ.ﺍﻵﺭﺍﺀ ﻟﻢ ﺗﻜﻦ ﺯﻭﺟﺔ ﺍﻹﺑﻦ ﻓﻼ ﺗﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻴﺪ.ﻭﻟﻮ ﺃﺭﺿﻌﺘﻪ ﺑﻠﺒﻦ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﺍﻧﻔﺴﺦ ﻧﻜﺎﺣﻪ ﻷﻧﻬﺎ ﺃﻣﺔ ﻭﻻ ﺗﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻷﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﺼﺮ ﺍﺑﻨﺎً ﻟﻪ ﻭﻛﺬﺍ ﻟﻮ ﺃﺭﺿﻌﺖ ﺍﻟﻤﻄﻠﻘﺔ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻧﻜﺤﺘﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﻟﺒﻦ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﺍﻧﻔﺴﺦ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﻭﻻ ﺗﺤﺮﻡ ﻫﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻄﻠِّﻖ. ﺭﻭﺿﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﻭﻋﻤﺪﺓ ﺍﻟﻤﻔﺘﻴﻦ ) –ﺝ

/ 3 ﺹ (267 ﺍﻟﺒﺎﺏ ﺍﻷﻭﻝ ﻓﻲ ﺃﺭﻛﺎﻧﻪ ﻭﺷﺮﻭﻃﻪ ﺃﻣﺎ ﺍﻷﺭﻛﺎﻥ ﻓﺜﻼﺛﺔ:. ﺍﻷﻭﻝ ﺍﻟﻤﺮﺿﻊ ﻭﻟﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﺷﺮﻭﻁ ﺍﻷﻭﻝ ﻛﻮﻧﻪ ﺇﻣﺮﺃﺓ ﻓﻠﺒﻦ ﺍﻟﺒﻬﻴﻤﺔ ﻻ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﻪ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﻓﻠﻮ ﺷﺮﺑﻪ ﺻﻐﻴﺮﺍﻥ ﻟﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺃﺧﻮﺓ ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻟﺒﻦ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺃﻳﻀﺎً ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻜﺮﺍﺑﻴﺴﻲ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﻟﺒﻦ ﺍﻟﺨﻨﺜﻰ ﻻ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺃﻧﻮﺛﺘﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﻓﻠﻮ ﺍﺭﺗﻀﻌﻪ ﺻﻐﻴﺮ ﺗﻮﻗﻒ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﻓﺈﻥ ﺑﺎﻥ ﺃﻧﺜﻰ ﺣﺮﻡ ﻭﺇﻻ ﻓﻼ. ﺍﻟﺸﺮﻁ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻛﻮﻧﻬﺎ ﺣﻴﺔ ﻓﻠﻮ ﺍﺭﺗﻀﻊ ﻣﻴﺘﺔ ﺃﻭ ﺣﻠﺐ ﻟﺒﻨﻬﺎ ﻭﻫﻲ ﻣﻴﺘﺔ ﻟﻢ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﻪ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﻛﻤﺎ ﻻ ﺗﺜﺒﺖ ﺣﺮﻣﺔ ﺍﻟﻤﺼﺎﻫﺮﺓ ﺑﻮﻁﺀ ﺍﻟﻤﻴﺘﺔ.ﻭﻟﻮ ﺣﻠﺐ ﻟﺒﻦ ﺣﻴﺔ ﻭﺃﻭﺟﺮ ﺍﻟﺼﺒﻲ ﺑﻌﺪ ﻣﻮﺗﻬﺎ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻤﻨﺼﻮﺹ. ﺍﻟﺸﺮﻁ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻛﻮﻧﻬﺎ ﻣﺤﺘﻤﻠﺔ ﻟﻠﻮﻻﺩﺓ ﻓﻠﻮ ﻇﻬﺮ ﻟﺼﻐﻴﺮﺓ ﺩﻭﻥ ﺗﺴﻊ ﺳﻨﻴﻦ ﻟﺒﻦ ﻟﻢ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺑﻨﺖ ﺗﺴﻊ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺤﻜﻢ ﺑﺒﻠﻮﻏﻬﺎ ﻷﻥ ﺍﺣﺘﻤﺎﻝ ﺍﻟﺒﻠﻮﻍ ﻗﺎﺋﻢ ﻭﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﻛﺎﻟﻨﺴﺐ ﻓﻜﻔﻰ ﻓﻴﻪ ﺍﻹﺣﺘﻤﺎﻝ. ﺳﻮﺍﺀ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻤﺮﺿﻌﺔ ﻣﺰﻭﺟﺔ ﺃﻡ ﺑﻜﺮﺍً ﺃﻡ ﺑﺨﻼﻓﻬﻤﺎ ﻭﻗﻴﻞ ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻟﺒﻦ ﺍﻟﺒﻜﺮ ﻭﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﻧﺺ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻮﻳﻄﻲ


Kami sangat ingin memanjakan anda dalam belajar, IQRO.NET sangat membutuhkan saran anda dalam mewujudkan hal itu, Salah satunya adalah kami ingin memberitahukan anda ketika kami update Artikel menggunakan RSS atau menggunakan email, silahkan.
Sengaja banyak catatan yang belum selesai, kami ingin tau seberapa perduli anda kepada ilmu, terutama masalah muamalah, biasanya akan terurai pada kolom komentar.

17 Responses to "Hukum Suami Menyusu Kepada Istri"

  1. Assalamualaikum.....

    Kronologinya begini, kan yang menjadikan mahram itu karna terjadinya sedarah dan sedaging, shingga itu menjadikan salah satu kemahraman. Dalam ilmu medis di jelaskan, apa yang kita minum dan makan itu yang akan menjadi darah dan daging kita.

    Dari sini permasalahan muncul, lalu bagaimana seorang suami yang bertahun-tahun berkumpul dengan istrinya, sejauh itu pula bertahun-tahun suami bila hendak tidur mengisap dan meminum air susu istri. Maka tentu saja darah dan daging suami itu adalah bagian dari hasil susu istri, karena yang terjadi bukan lama persusuan lg, tetapi lebih dari lima tahun yang nyusus ke istrinya.

    Nah pertanyaan saya, apakah "sepasang suami istri" itu tidak terjadi "sedarah daging"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam Wr. Wb. Ukhti Muzayana Pertanyaan anda cukup menarik untuk di perbincangkan, mengingat memang kebanyakan orang jarang ada yang mau terbuka dengan masalah ini.

      Baiklah silahkan bila ada Asatidz, Asatidah atau para Nara sumber lain yang hendak memberikan jawabannya mengenai masalah di atas, rupanya Ukhti Muzayana menunggu

      Delete
  2. Nah tu gmana tu ustad penjelasannya, jd bingung juga nih :-D. Nyimak aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembuka'an Jawaban, kami buka denga penjelasan Imam Malik didalam Muattho'nya sebagai berikut :

      عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ أَبَا مُوسَى الْأَشْعَرِيَّ فَقَالَ إِنِّي مَصِصْتُ عَنْ امْرَأَتِي مِنْ ثَدْيِهَا لَبَنًا فَذَهَبَ فِي بَطْنِي فَقَالَ أَبُو مُوسَى لَا أُرَاهَا إِلَّا قَدْ حَرُمَتْ عَلَيْكَ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ انْظُرْ مَاذَا تُفْتِي بِهِ الرَّجُلَ فَقَالَ أَبُو مُوسَى فَمَاذَا تَقُولُ أَنْتَ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ لَا رَضَاعَةَ إِلَّا مَا كَانَ فِي الْحَوْلَيْنِ فَقَالَ أَبُو مُوسَى لَا تَسْأَلُونِي عَنْ شَيْءٍ مَا كَانَ هَذَا الْحَبْرُ بَيْنَ أَظْهُرِكُمْ
      موطأ مالك (4/ 0)

      Dari Yahya bin Sa’id berkata, “Seorang lelaki bertanya kepada Abu Musa Al Asy’ari; “Saya pernah menetek pada payudara isteriku hingga air susunya masuk ke dalam perutku?” Abu Musa menjawab; “Menurutku isterimu setatusnya telah berubah menjadi mahram kamu.” Abdullah bin Mas’ud pun berkata; “Lihatlah apa yang telah kamu fatwakan kepada lelaki ini! ” Abu Musa bertanya; “Bagaimana pendapatmu dalam hal ini?” Abdullah bin Mas’ud berkata; “Tidak berlaku hukum penyusuan kecuali bila masih pada masa dua tahun.” Kemudian Abu Musa berkata; “Janganlah kalian menanyakan suatu perkara kepadaku selama orang alim ini (Ibnu Mas’ud) masih berada di tengah-tengah kalian.”[Al-Muattho']

      Delete
  3. Saya kutip pendapat jumhur (mayoritas) ulama lebih kuat berdasarkan dalil antara lain, sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ”Sesungguhnya susuan (yang membuat haram) itu hanya bila dalam keadaan lapar.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana Ketika anda menemui hadist seperti ini, apakah anda akan mengatakan pendapat yang anda bawa itu kemudian ternyata tidak kuat?, Contoh pada redaksi hadist seperti ini :

      حَدَّثَنَا عَمْرٌو النَّاقِدُ وَابْنُ أَبِي عُمَرَ قَالَا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ جَاءَتْ سَهْلَةُ بِنْتُ سُهَيْلٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَرَى فِي وَجْهِ أَبِي حُذَيْفَةَ مِنْ دُخُولِ سَالِمٍ وَهُوَ حَلِيفُهُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْضِعِيهِ قَالَتْ وَكَيْفَ أُرْضِعُهُ وَهُوَ رَجُلٌ كَبِيرٌ فَتَبَسَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ قَدْ عَلِمْتُ أَنَّهُ رَجُلٌ كَبِيرٌ زَادَ عَمْرٌو فِي حَدِيثِهِ وَكَانَ قَدْ شَهِدَ بَدْرًا وَفِي رِوَايَةِ ابْنِ أَبِي عُمَرَ فَضَحِكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

      Telah menceritakan kepada kami 'Amru An Naqid dan Ibnu Abi Umar keduanya berkata; Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin 'Uyainah dari Abdurrahman bin Qasim dari ayahnya dari Aisyah dia berkata; Sahlah binti Suhail datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dia berkata; Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya melihat di wajah Abu Hudzaifah (ada sesuatu) karena keluar masuknya Salim ke rumah, padahal dia adalah pelayannya. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Susuilah dia. Dia (Sahlah) berkata; Bagaimana mungkin saya menyusuinya, padahal dia telah dewasa? Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terenyum sambil bersabda: Sungguh saya telah mengetahuinya kalau dia telah dewasa. Dalam haditsnya 'Amru menambahkan; Bahwa dia telah ikut serta dalam perang Badr. Dan dalam riwayatnya Ibnu Abu Umar lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tertawa.[HR.muslim No : 2636].

      Bagaimana menurut anda?

      Delete
    2. Maaf maksud saya cuma menambahkan hadist yg cukup kuat menurut saya..

      Delete
    3. Betul sekali... Bahkan bukan menurut anda saja hadist itu kuat, tetapi mayoritas Ulama berpendapat demikian, terlebih dalam Madzahibu Al-Arba'ah, Imam Syafi'i, Maliki, Hambali, dan yang lain. Jadi betul sekali pendapat Anda

      Delete
  4. Assalamualaikum Wr. Wb
    Saya mau tanya ustad, mengutip dari salah satu artikel yg saya baca di web. Bagaimana pendapat ustad ttg kutipan ini :
    “Tidak boleh bagi seorang laki-laki menyusu dari susu istrinya dan tidak akan terjadi hubungan mahrom antara keduanya disebabkan hal tersebut. Persusuan hanya pada umur dua tahun saja. Jika lebih dari dua tahun, maka tidak ada pengaruh mahrom kecuali jika dalam kondisi hajat. Yaitu dibutuhkan menyusu karena terusnya anak kecil tersebut berada di rumah si wanita dan juga sangat sulit untuk berhijab (menutup aurat) darinya. Dalam kondisi seperti ini, tidak mengapa jika anak tadi menyusu pada wanita tersebut. Pendapat seperti ini adalah pendapat yang tepat dari para ulama semacam Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Imam Asy Syaukani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam Wr. Wb....

      Poin pertanya'an anda adalah :

      maka tidak ada pengaruh mahrom kecuali jika dalam kondisi hajat. Yaitu dibutuhkan menyusu karena terusnya anak kecil tersebut berada di rumah si wanita dan juga sangat sulit untuk berhijab (menutup aurat) darinya. Dalam kondisi seperti ini, tidak mengapa jika anak tadi menyusu pada wanita tersebut. Pendapat seperti ini adalah pendapat yang tepat dari para ulama semacam Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Imam Asy Syaukani.

      Jawaban : Sedikit kami beri petunjuk biar tidak sepotong-potong seperti itu, adapun pendapat pertanyakan masalah menyusui di waktu besar, yang di singgung dalam kutipan anda hanyalah menyebabkan dibolehkannya berkhalwat. Benar itu adalah pendapat Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayim, Shan’ani, dan Syaukani. Ada dalam (Ibnu Taimiyah, Majmu’ al Fatawa :34/ 60, As Syaukani, Nail al Authar, Riyadh, Dar al Nafais, Juz : 6/ 353, As Shon’ani, Subulu as Salam,Beirut, Dar al Kutub al Ilmiyah, 1988, Cet ke -1, Juz 3/ 407).

      Akan tetapi pendapat itu menduduki pendapat minoritas, yakni sangat menyelisihi dan berlawanan dengan jumhur Ulama'. Adapun pendapat Ulama yang Mu'tabar, kuat dan sangat unggul adalah tetap tidak bisa. Bahwa menyusui waktu besar tidak bisa menjadikan mahram. Ini adalah pendapat istri-istri Rasullahshallallahu ‘alaihi wasallam, dan mayoritas ulama dari kalangan para sahabat, tabi’in, dan pendapat dari madzhab Malikiyah, Syafi’yah serta Hanabilah. (Az Zaila’i, Tabyinu Al Haqaiq : 2/182 , Al Kasynawi, Ashalu al Madarik : 2/ 213, As Syafi’I, Al Umm : 5/ 48 , Al Bahuti, Ar Raudh Al Murabbi, hlm : 515).

      Salah satu hadits yang menunjukan adalah "Aisyah" radliyallahu ‘anha, bahwasanya ia berkata:

      دَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعِنْدِي رَجُلٌ قَالَ يَا عَائِشَةُ مَنْ هَذَا قُلْتُ أَخِي مِنْ الرَّضَاعَةِ قَالَ يَا عَائِشَةُ انْظُرْنَ مَنْ إِخْوَانُكُنَّ فَإِنَّمَا الرَّضَاعَةُ مِنْ الْمَجَاعَةِ

      “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menemuiku dan saat itu disampingku ada seorang pemuda. Beliau bertanya: “Wahai Aisyah, siapakah orang ini?” Aku menjawab: “Ia saudara sesusuanku”. Beliau bersabda: “Wahai Aisyah teliti lagi, siapa sebenarnya yang menjadi saudara-saudara kalian yang sebenarnya, karena sesusuan itu terjadi karena kelaparan.” (HR. Bukhari no: 2453).

      Hadist di atas menunjukkan bahwa susuan yang menyebabkan seseorang menjadi mahram adalah susuan dikarenakan lapar (maja’ah) yaitu pada waktu kecil. Penjelasan semacam ini bisa dilihat pada: Al Nihayah fi Gharib al Hadist wa al Atsar (Ibnu al Atsir (544 H-606 H), Mekkah, Dar Al Baaz: 1/316) Oleh karenanya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak senang melihat Aisyah bersama laki-laki yang barangkali bukan satu susuan waktu kecil. (Ibnu Qayyim, Zaad al Ma’ad: 5/516).

      Silahkan di lanjutkan dulu, apalagi masalahnya?

      Delete
  5. Selain rujukan diatas yang sudah kami cantumkan, kami tambahkan silahkan lihat dan di-teliti secara seksama

    وأما لبن الآدمي فطاهر أيضا إذ لا يليق بكرامته أن يكون منشؤه نجسا، ولأنه لم ينقل أن النسوة أمرن في زمن باجتنابه، وسواء أكان من ذكر أم أنثى ولو صغيرة لم تستكمل تسع سنين أم مشكل قياسا على الذكر، وأولى انفصل في حياته أم بعد موته لأن التكريم الثابت للآدمي الأصل شموله للجميع ولأنه أولى بالطهارة من المني. وقد يشمل ذلك تعبير الصيمري بقوله: ألبان الآدميين والآدميات لم يختلف المذهب في طهارتها وجواز بيعها
    Nihayatul Muhtaj, Juz : 1 Hal : 244-245

    الركن الثالث: المحل، وهي معدة) أو دماغ (الطفل الحي) حياة مستقرة سواء أوصل إليهما اللبن بالارتضاع أم بغيره كالإيجار ولو نائما (لا) الطفل الميت لخروجه عن التغذي ونبات اللحم وفي الصحيحين إنما الرضاعة من المجاعة (ولا ابن حولين) لخبر «لا رضاع إلا ما فتق الأمعاء، وكان قبل الحولين» رواه الترمذي وحسنه ولخبر «لا رضاع إلا ما كان في الحولين» رواه البيهقي وغيره لقوله تعالى {والوالدات يرضعن أولادهن} [البقرة: 233] الآية جعل تمام الرضاعة في الحولين فأشعر بأن الحكم بعدهما بخلافه
    Asnal Matholib, Juz : 3 Hal : 416

    الألبان أربعة أقسام: -إلى أن قال- (الثالث) لبن الآدمي وهو طاهر على المذهب وهو المنصوص وبه قطع الأصحاب إلا صاحب الحاوي فإنه حكى عن الأنماطي من أصحابنا أنه نجس وإنما يحل شربه للطفل للضرورة ذكره في كتاب البيوع وحكاه الدارمي في أواخر كتاب السلم وحكاه هناك الشاشي والروياني وهذا ليس بشئ بل هو خطأ ظاهر وإنما حكى مثله للتحذير من الاغترار به وقد نقل الشيخ أبو حامد في تعليقه عقب كتاب السلم إجماع المسلمين على طهارته قال الروياني في آخر باب بيع الغرر إذا قلنا بالمذهب إن الآدمية لا تنجس بالموت فماتت وفي ثديها لبن فهو طاهر يجوز شربه وبيعه
    Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, Juz : 10 Hal : 227

    Alhasil diputar-putar bagaimana-pun hasilnya tetap tidak bisa, dan tetap tidak bisa menjadikan mahram, meskipun mempunyai hajat.

    ReplyDelete
  6. Kecuali bila ada keadaan darurat seperti yang terjadi pada kasus Sahlah binti Suhail yang mengadu kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang sulitnya ia berhijab dari Salim mantan budak Abu Hudzaifah suaminya. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberi solusi dengan mengatakan, ”Susuilah dia (Salim) maka dia akan jadi mahram bagimu.” Padahal waktu itu Salim sudah dewasa. (Cerita lengkapnya dalam Shahih Muslim, no. 1453).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata anda : (Cerita lengkapnya dalam Shahih Muslim, no. 1453). Baiklah.... bagaimana bila kita datangkan hadist tersebut, sesuai yang anda sebutkan. Akan kami bawa hadist itu supaya tidak terjadi penyelewengan dalil, kami cantumkan hadist itu sebelum dan sesudah, Ini hadist-nya :

      حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ جَمِيعًا عَنْ جَرِيرٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا جَرِيرٌ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ حَبِيبِ بْنِ سَالِمٍ مَوْلَى النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْعِيدَيْنِ وَفِي الْجُمُعَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ وَالْجُمُعَةُ فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِي الصَّلَاتَيْنِ و حَدَّثَنَاه قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ بِهَذَا الْإِسْنَادِ
      [HR.muslim No : 1452]

      و حَدَّثَنَا عَمْرٌو النَّاقِدُ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ ضَمْرَةَ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَتَبَ الضَّحَّاكُ بْنُ قَيْسٍ إِلَى النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ يَسْأَلُهُ أَيَّ شَيْءٍ قَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سِوَى سُورَةِ الْجُمُعَةِ فَقَالَ كَانَ يَقْرَأُ هَلْ أَتَاكَ
      [HR.muslim No : 1453]

      حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ مُخَوَّلِ بْنِ رَاشِدٍ عَنْ مُسْلِمٍ الْبَطِينِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ الم تَنْزِيلُ السَّجْدَةِ وَهَلْ أَتَى عَلَى الْإِنْسَانِ حِينٌ مِنْ الدَّهْرِ وَأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْجُمُعَةِ سُورَةَ الْجُمُعَةِ وَالْمُنَافِقِينَ و حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي ح و حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ كِلَاهُمَا عَنْ سُفْيَانَ بِهَذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُخَوَّلٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ فِي الصَّلَاتَيْنِ كِلْتَيْهِمَا كَمَا قَالَ سُفْيَانُ
      [HR.muslim No : 1454]

      Ini adalah hadist yang berurutan, mulai No 1452 - 1453 - 1454. silahkan di buka kitabnya kalu anda meragukan.

      yang menjadi masalah adalah, apakah hadist ini bisa menjadi dalil untuk masalah persusuan?. Jawabannya tentu saja tidak bisa! apakah perlu kami terjemahkan atau anda terjemah sendiri? Baiklah kami terjemahkan yang No 1453 isinya sebagai berikut :

      Dan Telah menceritakan kepada kami Amru An Naqid telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari Dlamrah bin Sa'id dari Ubaidullah bin Abdullah ia berkata, Adl Dlahak bin Qais menulis surat kepada An Nu'man bin Basyir menanyakan tentang surat yang apa yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada hari Jum'at selain surat Jumu'ah. Maka ia menjawab, "Beliau membaca surat Al Ghasyiah.[HR.muslim No : 1453]

      Bagaimana? anda mendapat terjemahan dari mana komentar anda di atas itu kok tampak gawat darurat? Mudah-mudahan Allah memberikan kefahaman untuk anda, Amin

      Delete
  7. menarik sekali.. terimakasih buat admin... menjadikan pembelajaran bagi saya :)

    ReplyDelete
  8. Keridit Motor Semarang Terimakasih atas opini anda, dan mudah-mudahan bisa bermanfa'at untuk kita semua ;)

    ReplyDelete
  9. ngatiyem istrinya mas tukimin tukang baksoSaturday, November 22, 2014 at 6:30:00 PM GMT+7

    suami menyusu pada istri sendiri hukumnya dibolehkan, yang dilarang itu suami menyusu pada istri orang lain. nah itu haram hukumnya.. inga'inga' *ting*
    betul g min..

    ReplyDelete